Metode pembelajaran bahasa Inggris.

Metode pembelajaran bahasa Inggris.

          Bahasa Inggris sangat penting untuk dipelajari. Hal itu tidak dapat di pungkiri mengingat bahasa Inggris menjadi bahasa yang Universal, dengan bahasa Inggris dapat membuat masyarakat lebih mudah untuk menjalin hubungan dengan masyarakat dari negara lain. Untuk di negara Indonesia sendiri bahasa Inggris kini telah menjadi salah satu syarat bagi pelajar untuk dapat lulus dari sekolah dan juga menjadi syarat untuk masuk ke perguruan tinggi. mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi semua telah mempelajari bahasa Inggris. Maka dari itu sangat penting bagi sobat untuk mempelajari bahasa Inggris.

Ketika melakukan pembelajaran bahasa Inggris, hanya sebagian tenaga pengajar atau guru yang melakukan metode pembelajaran yang efektif. Tenaga pengajar atau guru hanya menggunakan metode pembelajaran yang terbilang hanya itu – itu saja. Hal itu membuat murid menjadi bosan dan mengantuk sehingga membuat proses pembelajaran menjadi tidak kondusif. Hal inilah yang sering menyebabkan murid sulit memahami atau mengerti apa yang di sampaikan oleh tenaga pengajar atau guru. Maka dari itu, sebagai tenaga pengajar atau guru perlu melakukan teknik belajar yang berbeda agar suasana belajar menjadi lebih kondusif dan efektif . maka dari itu pada artikel ini kami akan sedikit memberikan beberapa metode pembelajaran bahasa Inggris yang berbeda.

Cooperative learning

          Pada metode pembelajaran cooperative learning, tenaga pengajar atau guru akan membentuk beberapa grup untuk menyelesaikan tugas – tugas yang diberikan. Sehingga pada cooperative learning peran tenaga pengajar atau guru akan berubah dari sebelumnya menjadi sumber Informasi akan berubah menjadi fasilitator. Jadi tenaga pengajar atau guru hanya berperan untuk menyediakan materi, membentuk kelompok, dan menyediakan kondisi tempat yang kondusif. Pada cooperative learning inipun murid akan dituntut untuk mencari informasi sendiri, hal ini tampa disadari akan semakin menambah wawasan murid lebih cepat. Pada cooperative learning ada beberapa teknik yang bisa digunakan, seperti diskusi grup, mind mapping, roley play, STAD, dan jigsaw.

Pada artikel ini kami hanya akan mengulas satu saja dari beberapa teknik yang bisa digunakan pada metode cooperative learning, yaitu teknik jigsaw. Berikut merupakan ilustrasi dari teknik jigsaw.

Jigsaw puzzel. Teknik jigsaw puzzel ini dirasa akan sangat efektif digunakan karena pada teknik ini murid dituntut untuk lebih kreatif dan tidak akan bergantung pada murid lainnya. Setiap potongan puzzel pada jigsaw puzzel pun akan sangat penting untuk membentuk suatu gambar yang terlihat lebih sempurna. Teknik jigsaw inipun memiliki beberapa tatacara, berikut merupakan beberapa tatacara dari teknik jigsaw puzzel tersebut.

Pembentukan Kelompok

          Pembentukkan kelompok akan sangat berguna untuk membuat murid dapat saling bekerja sama. Untuk pembagian kelompok sebaiknya memiliki anggota yang sama untuk setiap kelompoknya.

Pembentukan Ketua Kelompok

          Pembentukan ketua kelompok tentunya akan sangat berguna agar kelompok tidak menjadi terpecah. Dengan adanya ketua maka anggota akan melakukan pekerjaan sesuai dengan perintah yang diberikan ketua sehingga kelompok dapat lebih mudah untuk di kontrol. Untuk pembentukan ketua kelompok sebaiknya di pilih dari anggota yang paling berani untuk berbicara.

Pembagian Materi

          Untuk pembagian materi sebaiknya setiap kelompok diberi beberapa materi (setiap anggota mendapat materi ) agar seluruh anggota dapat bekerja dan tidak ada yang tidak bekerja. Setelah pembagian selesai, jika terdapat murid yang mendapatkan materi yang sama maka murid tersebut harus membentuk kelompok baru untuk menyelesaikan materi tersebut baru kemudian kembali lagi ke kelompok awal.

Peran Guru atau tenaga pengajar

          Pada jigsaw ini guru atau tenaga pengajar hanyalah mengawasi setiap murid untuk menyelesaikan materi yang di berikan dan membantu menyelesaikan sesuatu jika murid tidak dapat menyelesaikannya.

Presentasi dan Diskusi

          Jika seluruh murid telah menyelesaikan materi yang diberikan oleh tenaga pengajar atau guru, maka hal yang terakhir dilakukan adalah presentase, setiap anggota akan maju kedepan untuk menyampaikan materi – materi yang mereka dapatkan kemudian akan adanya sesi tanya jawab pada setiap murid sehingga keadaan belajarpun dapat lebih efektif.

Berikut merupakan sedikit yang dapat kami berikan mengenai metode pembelajaran bahasa Inggris, diharapkan dengan adanya artikel ini dapat membantu lebih banyak orang. Terakhir kami tekankan bahwa pada saat ini bahasa Inggris telah menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi, maka dari itu sangat penting bagi sobat untuk mempelajari bahasa Inggris. Akhir kata kami ucapkan terimakasih.